Berita

Tingkatkan Pelayanan, Disdukcapil Buka Forum Konsultasi Publik

15 Agustus 2022    126 Kali

MEDIA SELAYAR - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kepulauan Selayar melaksanakan rapat forum konsultasi publik terkait peningkatan kualitas dan mutu pelayanan administrasi kependudukan. 

Kegiatan forum konsultasi publik dilaksanakan dilantai dua Diera C&R pada Senin (15/8/2022). 

Kegiatan ini dipimpin dan dipandu oleh Kadisdukcapil, Drs. Andi Patonrangi Pasbal. Dihadiri sejumlah stakeholder di Kabupaten Kepulauan Selayar. 

Kadisdukcapil, Drs. Andi Patonrangi Pasbal menjelaskan sejumlah hal mengenai pelayanan administrasi kependudukan termasuk melakukan paparan mengenai jenis-jenis pelayanan administrasi kependudukan secara detil. 

Ada 24 jenis pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Kepulauan Selayar. Diantaranya Biodata Penduduk,Penerbitan E KTP, Penerbitan Kartu Identitas Anak dan Surat Keterangan Pindah, Akta Kelahiran dan Akta Kematian.

Dalam kesempatan tersebut Patonrangi juga mengemukakan rencana peningkatan kompetensi pelaksana yang mampu berkomunikasi dan bersikap ramah. Dan menekankan bahwa tidak ada layanan berbayar alias semua layanan keoendudukan di Selayar adalah gratis. 

Sekalgus Disdukcapil menyiapkan sarana kotak saran dan layanan pengaduan untuk masyarakat Kepulauan Selayar. Karena menurut Patonrangi, layanan Dukcapil wajib menggembirakan masyarakat.

Selanjutnya menyampaikan bahwa salah satu kegiatan yang bertujuan membantu pelayanan ke masyarakat pulau adalah adanya layanan administrasi kependudukan keliling ke wilayah-wilayah Kepulauan dan itu dilaksanakan secara periodik. 

Dalam kesempatan tersebut pelaksana membagikan diktat panduan jenis jenis pelayanan Disdukcapil Kabupaten Kepulauan Selayar. (Tim).